Ada Apa di Jakarta?

Jakarta Car Free Day

Kabarnya jakarta di bulan Juni ini mau mengadakan Jakarta Car Free Day. Ceritanya sih hari itu di seluruh kota Jakarta Raya (atau cuma sebagian, kalo nggak salah masih jadi perdebatan) ini tidak boleh ada kendaraan pribadi selain angkutan umum, bus dan trans jakarta. Ga tau deh nasib motor hari itu gimana. Hal ini diadakan guna menekan tingkat polusi asap kendaraan bermotor yang kian meningkat dalam 1 dasawarsa ini. Diharapkan pada hari itu masyarakat dapat beraktifitas dengan menggunakan kendaraan non bermotor, sepeda mungkin salah satunya yaa. Belum diketahui pasti untuk berapa lama akan diadakannya, tapi konon akan diadakan uji coba selama 1 hari dulu pada bulan Juni. Kalau terdapat banyak keluhan (yang tentunya pasti banyakk yaaa) maka kemungkinan akan dicoba lagi (Nah lhoo?)…. Ngga ko, mungkin akan dicoba lagi beberapa bulan mendatang, tapi sepertinya akan dicoba terus sampai tingkat polusi di Jakarta dapat ditekan serendah mungkin. Mungkin mobil Ambulans dan atau pemadam kebakaran tetap disiagakan lah ya..

Sewaktu ada liputannya di salah satu TV swasta, rata-rata sih banyak orang yang protes dengan diadakan program Jakarta Car Free Day ini, karena (menurut beberapa mahasiswa yang ditemui) hari itu Jakarta akan jadi tidak efektif, perekonomian lumpuh total, terutama bagi orang-orang yang tempat kerja, sekolah atu kuliah nya jauh dengan tempat tinggal. Lebih gak efektif lagi menurut mereka, pasti hari itu angkutan umum akan sangat amat padat jadi kenyamanan hari itu jadi terganggu, Ituuuu menurut beberapa orang yang berhasil ditemui untuk diminta komentarnya.

Kalo menurut gua sendiri sih, berhubung gw cinta banget sm lingkungan bersih, rasanya ga papa juga lah Jakarta ga ada kendaraan pribadi selama 1 hari.Pasti enak banget tuh selain udara segar, bersih dan nyaman, ga stress juga nyium bau asep knalpot dimana-mana. Lagi pula kan sehat juga buat kita-kita juga yang tinggal di Jakarta. Sehat juga kan bersepeda ke Kantor ato Sekolahan =)

Kalo menurut kalian-kalian sendiri gimana?

Comments on: "Jakarta Car Free Day" (5)

  1. Gue setuju nih, malah kalo bisa sebulan sekali di adain Jakarta Car Free Day. Tar kalo bener2 mo diseriusin, Pemda Jakarta harus meningkatkan pelayanannya dalam hal penyediaan angkutan umum yang aman dan nyaman. Trus kalo bisa metro mini ama bajaj nya di buang ke laut aja… buat nemenin Levina… daripada bikin polusi ;P

  2. Buang bus bus yang ngeluarin asap berlebihan, buang juga metro mini dan kopaja yang dah butut. Bajaj diganti dong dengan yang gas, kan dah ada unit nyaa tapi koq ga pernah keliataaan??

    Setuju dengan car free day, wong cuma 1 hari doang koq masa ampe lumpuh. Atawa TransJakarta bisa dikasih pengecualian untuk lewat.

    Waktu tahun kemarin (apa tahun kemarinnya lagi?) pernah koq Jakarta ngadain hari tanpa kendaraan bermotor, tapi itu khusus Sudirman-Thamrin doang. itu juga hari minggu diadainnya.

  3. Iya ..waktu itu digelar taun 2004 dan menurut beritanya di tahun 2004 itu udah ke3 kalinya digelar car free day, dan emang cuma sehari (minggu doang), di sudirman-thamrin ajah. Menurut tempo interaktif, tahun ini sih kabarnya mo digelar sampai 6 hari….. dalam setahun. Mau diadakan minimal 2 bulan sekali. Namun tetap digelar pada hari libur dan dalam hitungan jam saja, supaya tidak mengganggu aktifitas ibu kota, menurut Kepala Pengendalian Kerusakan Lingkungan BPLHD Daniel Abas. Hehhehe…berasa banget gak sih pada waktu hari libur malah diadakan car free day, lah trus tolok ukur udara nya jadi bersih ato ngga dari mana? Lah wong kalo libur kendaraan bermotor ga serame hari biasa kan?

  4. Angkutan umum dan nyaman selain trans jakarta, apalagi sih? si monorail yang tak kunjung jadi itukah harapan berikutnya? ato nungguin transportasi air?
    Stujuhhh…metro mini dipensiunin aja, bajaj BBG katanya muahaaaalll skaliiii, makanya jarang yg pake, soalna balik modalnya lama nian.
    Eh ngomong-ngomong gw dah perna liyat ko Bajaj BBG, kenceng bnerrr emang,tarif nya juga kenceng beybeh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: