Ada Apa di Jakarta?

Kenapa Minggu? karena gw datengnya pas hari minggunya doang dan kerana gw pengen nonton Lisa Ono dan Jamie Cullum hehehe. Jadinya kalo ada yang mau nyumbang artikelnya tentang JJF pada hari Jumat dan Sabtu silahkan lho.

lalu gemana Java Jazz Festival pada hari Minggu itu?

Meriah Banget.

Acara JJF tahun ini rasanya sukses berat, seperti diberitakan di detik.com tiket yang disediakan oleh panitia tahun ini sebanyak 50.000 lembar lebih. Waktu hari Minggu itu gw dateng jam 4 sore, dan didalam JCC tu dah penuh banget. ditengah tengah ruangan kita harus jalan berdesak desakan.

Pertama kali datang ke sana langsung ke bagian informasi mengambil brosur. di meja terdapat pengumuman: “Jamie Cullum 21.30” … walah koq telat.

Lalu liat jadwal, pada hari Minggu  yang manggung banyak yang keren keren seperti David Benoit, Bubi Chen, Vicky Sianipar, Level 42, Sadao Watanabe, Tortured Soul, Lisa Ono, dan Jamie Cullum. Masih banyak juga yang lain yang keren-keren juga.

Karena waktu telah menunjukkan pukul 16.30 jadinya gw nonton Lisa Ono dulu di Assembly Hall 3. Ga berapa lama antrian sudah panjang, ternyata penggemar Lisa Ono banyak juga yak. Sekitar pukul 17.00 pintu sudah dibuka
, dan gw dapet duduk di depan… mantap. 10 menit berselang datang tanda tanda pertunjukan mau dimulai.

Lampu penonton redup.

Lampu panggung menyala.

Dan datanglah Lisa Ono dengan menggunakan gaun merah bersama 4 orang rekannya, satu pemain piano (yang ternyata bokapnya orang Indonesia), satu pemain drum, satu pemain bass, dan satu pemain alat tiup.

Dia membuka pertunjukannya dengan memainkan 3 lagu dari Carlos Jobim. Lagu pertama langsung dibuka dengan lagu “The Girl From Ipanema”. ah gila, denger dia manggung koq sama kaya lagi denger dia di audio player yaaa? Lagu ke dua dan ke tiga lupa gw T_T ga apal judulnya.

Setelah itu dia berhenti sebentar untuk bercakap cakap dengan penonton, tentang bagaimana dia senang berada di Jakarta untuk manggung, dan kata kata pembuka lain yang seperti biasa lah😀 Setelah itu dia lanjutkan dengan 3 lagu berbahasa Prancis. Sering denger sih lagu-lagunya tapu ga tau judulnya😀, cuma satu yang gw tau yang dalam bahasa Inggris judulnya “I Will Wait For You”. Habis 3 lagu kemudian dia bercakap cakap lagi.

Untuk sesi berikutnya dia membawakan lagu dari album terbarunya, dan masih cover album juga. Dia membawakan lagu “Country Road, Take Me Home” dan “Jambalaya”. Di lagu Jambalaya ada solo battle antara flute dengan kolintang (kolintang bukan yah itu :D). Keren abiss…

Pada sesi terakhir dia tutup dengan membawakan lagu-lagu dari Carlos Jobim lagi, salah satu yang gw kenal dia bawain Agua de Beber pada lagu terakhir. Ah bagus banget.

Seperti biasa, di akhir pertunjukan penonton meminta satu lagu lagi dan tentu saja dia kabulkan. Gue agak terkejut waktu dia bilang dia ingin mainin lagi “Bengawan Solo”. Beneran dia bawa lagu itu dengan nuansa bossa lengkap dengan lirik Indonesia nya. Berapa lama ya dia ngafalin lagu itu😀.

Selesai itu langsung keluar. Saat jalan keluar masih banyak yang mengomentari pertunjukannya Lisa Ono, secara keseluruhan gw bisa bilang mereka pada puas. Di luar sedang ada pertunjukkan juga, yang gw ga tau siapa yang lagi main. yang pasti mereka lagi main di panggung yang bersebrangan depan pintu masuk.

Kemudian gw coba berburu merchandise nya JJF. coba liat ternyata dah banyak yang dah abis. kaos yang bertandakan Java Jazz Festival 2007 dah ludes yang tersisa tinggal gelang, tas, dan gelas-gelasan gitu..😦.

Pada jam 7an, gw liat di depan Plenary Hall dah ada beberapa orang yang mengantri depan pintu untuk mengantri pertunjukan Jamie Cullum. Bukannya jam 21.30 mulainya? tanya lagi ke bagian informasi, ternyata jadwal berubah ke awal ke jam 19.30. walaaaaah…

Langsung aja gw ikutan ngantri, untung blom panjang. Beberapa orang yang lewat juga pada bingung koq dah pada ngantri nih oran-orang. beberapa orang ada yang berbisik bisik “bukannya jam 9 mainnya?”. beberapa saat kemudin layar informasi yang ada di dekat pintu mengumumkan kalo pertunjukan Jamie Cullum mulai jam 20.15. Sesaat kemudian mulai banyak orang yang mulai mengantri.

Saat-saat yang dinanti datang juga, jam 8.30an pintu langsung dibuka, para pengunjung langsung dorong-dorongan merengsek ingin cepat cepat masuk. tapi masih tertib lah dorong-dorongannya🙂. Abis kasih tiket, langsung melewati pintu masuk dan cepat berlari masuk, pengen duduk didepan soalnya… tapi apa yang terjadi, untuk penonton yang di bawah tidak dikasih tempat duduk hahahaha… berdiri lah nontonnya.

Ok, penonton dan memenuhi ruangan bawah dan atas, kita sangat antusias menunggu kedatangan Jamie Cullum.

Ga lama kemudian dia memasuki panggung. Kedatangannya disambut oleh teriakan antusias para penonton, terutama para wanita-wanita tentu saja😉. Dia manggung dengan menggunakan kaos bercorak tengkorak, celana jeans, dan tentu saja sneakers nya (punk banget ^^). Di kedua tangannya terdapat wine dalam gelas dan sebotol wine di tangan yang lainnya.

Tanpa banyak basa basi dia langsung memainkan piano dan menyanyikan lagu “I Get A Kick Out Of You”. Beberapa penonton juga turut bernyanyi. Di lagu pertama nya ini dia langsung melakukan beberapa aksi panggung yang menjadi ciri khasnya dan mengapa pertunjukkan dia selalu dinanti, dia menginjak tuts piano nya. Beneran !! Ga cuma di injek, dia juga menduduki tuts nya di tengah2 lagu. Walopun keliatannya dia mencet asal2an dengan kaki dan pantatnya tapi kenapa nada yang keluar melebur dengan lagunya?😀 .. KEREEENN…!!! Setelah lagu selesai dia menghadap ke arah penonton dan mengucapkan “BA-GUUUWS”.

Kemudian dia mengutarakan kalo dia senang berada di Jakarta untuk main dan kata kata pembuka seperti biasa nya lah😀. dia juga ceritain kalo kemarin-kemarin dia ikut nonton pertunjukannya Chaka Khan dan lain-lain, dan malam sebelum nya dia ke Embassy untuk seneng seneng dari jam 6 sore sampe jam 6 pagi dan dia tidur dan baru bangun jam 6 sore (itu toh kenapa tentative waktu pertunjukannya dia :D).

Lagu-lagu berikutnya yang dia bawakan antara lain “Winds Cries Mary”, “20 Something”, “These Are The Days”, “Old Devil Moon”, “High and Dry”, “What A Difference A Day Made”, “London Sky”, “Mindtrick”, “Get Your Way”, “Sexy Back”, “My Love”, “Don’ Cha”, “Mas Que Nada”

…..

lah koq?!?😀 iya, beneran dia bawain lagunya Justin ama Pussy Cat Dolls. ga semuanya sih, sepotong doang bagian reff nya tapi gila. tu lagu di bawain madley. Jadi nya dia mulai dengan memukul pianonya mulai nyanyi lagu Sexy Back. ga pake iringan instrumen laen, cuma dia mukul2 pianonya dan mengahasilkan beat yang pas untuk mengiri lagu tersebut. TOOOP.

Dia juga melakukan salah satu stunt nya, yang kalo kalian pernah liat pertunjukannya di Inggris pasti dah pada tau, yaitu pada lagu 20 Something di tengah-tengah lagu dia lari ke pianonya dan melompati tutsnya dan mulai memainkan tuts piano itu lagi…..keren.. keren…

Pada akhir lagu (bener-bener terakhir setelah anchor) dia menaiki pianonya dan diiringi dengan hentakan drum, dia loncat ke atas dan turun panggung. setelah itu dia dan teman2nya bow kearah penonton yang menandakan pertunjukkan telah berakhir. Ah what a show.

Setelah itu penonton bubar dengan tertib. Terasa puasnya melihat pertunjukkan seperti itu, ga rugi dah🙂.

Sebenernya setelah itu masih ada Level 42 tapi karena dah jam 11 malam dan besok nya hari Senin, terpaksa gw tinggalin. Bisa tepar di kantor yang ada😀.

Yah inilah reportase amatiran dari gw, semoga bisa mengobati rasa penasaran beberapa teman yang ingin tahu gemana sih pertunjukannya Jamie Cullum.

Sampai jumpa di acara-acara berikutnya.

Comments on: "Sunday Java Jazz Festival 2007" (4)

  1. Hik…hik…kata tmen gw waktu Jamie manggung di Portland juga bgitu tuh, stunt mania dan sama..telat juga shownya, gara2 dia br plg ajojing di club skitar (ga tau deh di blah mana, secara gw bukan orang portland yaaa), kayaknya show yg spektakuler plus telat gara2 ajojing semaleman jadi trademark nya Jamie bgt.

  2. Jazz ………. ZZZZzzzzzzzzzzzzzzz

  3. hmmm…..sayang gak nonton…
    padahal pgn bgt…
    kapan yak dia ke indonesia lagi?? bagus2 kalo ke bandung… :p

  4. Bukan maksud buat spam cuma kenalin blogku
    http://zona-orang-gila.blogspot.com
    Apa aja ada disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: