Ada Apa di Jakarta?

Timer di Lampu Merah

Lampu Merah Slipi

Jalur berangkat ngantor gue setiap hari adalah lewat tol Slipi menuju Grogol, dan selalu ngelewatin lampu merah Slipi (Jakarta Design Center).

Lampu merah ini adalah salah satu lampu merah yang menggunakan timer, jadi bisa keliatan lamanya waktu lampu merah dan lampu hijau menyala.

Menururt gue ini berguna banget bagi pengendara kendaraan bermotor, jadi bisa siap-siap jalan kalo timer lampu merahnya udah mau mendekati 0 detik, dan gitu juga sebailknya… bisa memperlambat laju kendaraan kalo timer lampu hijaunya sudah mendekati 0 detik.  Efeknya bisa memperlancar lalu lintas lho!

Yang gue gak ngerti, pertimbangan apa yang dipake untuk masang timer tsb. Karena gak semua lampu merah dipasangin timer… bahkan beberapa lampu merah di daerah protokol juga ada yang blom menggunakan fasilitas ini. Harapan gue sih, lebih banyak lampu merah khususnya di jalan-jalan besar dan ramai yang dipasangin fasilitas ini.

Comments on: "Timer di Lampu Merah" (15)

  1. eh tapi klo ada timernya gitu bukannya org2 yg ga taat lampu merah malah jd mempercepat gitu yaa pas ijo mo merahnya?

  2. Yang gue gak ngerti, pertimbangan apa yang dipake untuk masang timer tsb. Karena gak semua lampu merah dipasangin timer… bahkan beberapa lampu merah di daerah protokol juga ada yang blom menggunakan fasilitas ini <— pertimbangan soal biaya pastinyah… kayaknyah siyh Pemda DKI JKT kudu rapat dolo sama DPRD utk meng-goal-kan berapa besar anggaran utk perluasan penggunaan timer itu….

    *salam kenal*

  3. digital countdown

    di beberapa tempat diperempatan lalulintas yang rame, dipasangin digital countdown, untuk ngasi tau pengendara, berapa lama lagi lampu akan berubah warna.
    tapi ini sama sekali bukan bikin nyaman, tapi malah bikin sebel,.😦
    bayangin aja, angkanya pada…

  4. masih banyak perempatan yang rame tapi gak ada timernya… dan gue pribadi merasa nyaman2 aja tuh, soalnya yg biasa gue lewatin (slipi) timernya baek2 aja tuh… hehehe…

  5. speed driver said:

    timer itu sebetulnya juga bisa untuk ngirit bbm dan mengurangi polusi, lah… karena ada bbrp perempatan yg lampunya lama banget. jadi kalo masih lama, matiin aja mesinnya.

  6. di daerah pasar rebo juga ada timer nya lho..
    lumayan…kalo mo nyebrang ga perlu takut2 uda mo lampu ijo pa blom.

    tapi yg bikin bete, di pasar rebo, lampu merahnya bisa lammaaaaaa banget, tapi lampu ijonya cuma sbentar. jadi pas lagi di angkot..baru maju sedikit…eh…kena lampu merah lagi..😦

  7. greatwaytosell said:

    Bener banget yang dikatakan di atas, ada satu lagi manfaatnya menurut gw. Yaitu mengurangi stress. Jadi orang tahu berapa lama lagi dia menunggu dan berapa lama lagi lampu hijau masih aktif. Orang akan merasa lebih tenang (terutama di bagian2 yang jauh di belakang lampu merah), apabila mereka diberi tahu berapa lama lagi mereka akan menunggu.

    Sama seperti halnya kalo kita mau copy-paste file di komputer, komputer selalu memberikan feedback ke kita berapa lama lagi proses copy selesai (time remaining…. x seconds). Jadi orang bisa memperkirakan dan mengambil keputusan apa yang dia lakukan.

    Setidaknya kalo mereka tahu lampu merah itu masih lama lagi menjadi hijau, maka orang itu akan lebih tenang ketika mereka tidak tahu berapa detik lagi. Perasaan menjadi tak tenang “Kapan nih hijaunya… koq gak hijau2 sih…”

  8. Baguslah, malah di jogja udah dari awal tahun ini. Yah cukup menarik, jadi mirip main game balap, ijonya ada waktunya. Minimal kan kita tau kapan lampu ijonya menyala. Lumayan kan, kalo bahasa pujangganya “Menunggu yang pasti,”. Biasanya kan kita menanti yang nggak pasti (kapan tuh lampu jadi ijo), tapi sekarang semuanya jelas soalnya ada timer-nya. Lebih enak menunggu yang pasti kan, daripada yang tak pasti. Walah kok jadi puitis.

  9. pertama kali gw lihat ada di perempatan bekasi barat deh, itu juga udh lama banget (lebih dari 1 thn yg lalu), gw pikir sih emang banyak manfaatnya, tapi kenapa jakarta ketinggalan ya….?

    salam kenal..

  10. Timer sih bgs.
    Kapan yah jakarta dipasang timer semua.

  11. gmn mau bisa pasangin timer semua..
    Ada beberapa daerah di jakarta aja yang masi mati tu lampu merahnya..
    Kurang listrik kali ya🙂

  12. Iya, bagusnya semua dipasangin timer biar tau kapan merah kapan ijo. Tp aku mau nanya nih buat pengendara motor, kok suka pada melanggar lampu merah sih. Contohnya klo didaerah sepi, lampu masih merah udah pada bablas aja jalan. Kayak di kompleks perumahan aja. Emang gak malu ya udah melanggar lalin?

    Ijin ya nyantumin blog ini di blog roll gw🙂

  13. nits: diijinkan jeng nita😉

  14. Emang lebih bagus pakai timer semuanya, jadi bukan cuma angkot aja yang di timerin….he he he he….

  15. Akhirnya sekarang udah banyak timer dipasangi di jakarta. Bahkan perempatan pondok bambu batas-pahlawan revolusi yg terbilang sepi juga dipasangi. Skrg lampunya udah diganti dari pijar ke led tapi. Cuma belum semuanya dipasang. Di daerah rawamangun belum pakai timer dan lampu led. Terus sering ketemu lampu merah yg gak pake kuning, jadi dari ijo langsung merah tanpa kuning.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: