Ada Apa di Jakarta?

Perpanjang SIM

Hari Sabtu kmaren pas lagi ngobrol-ngobrol sama temen, obrolan tau-tau nyerempet masalah SIM. Pada saat itu juga sekelibat gue inget kalo gue gak pernah inget tanggal kadaluarsa SIM gue, jadi langsung aja gue ambil SIM di dompet.. dan ternyata.. eng ing eng.. bener aja.. SIM A gue dah kadaluarsa dari bulan Juni.

Akhirnya Senin pagi sebelum brangkat ke kantor gue mampir ke Polsek Jakarta Selatan di Wijaya. Masuk gerbang nanya di posnya tempat untuk perpanjang SIM. 5 tahun lalu sih pas gue melakukan hal serupa, polisinya langsung nawarin ‘bantuan’ untuk ngurusin perpanjang SIM dan dia langsung masang harga Rp. 150,000. Nah kmaren ternyata reaksinya beda, si Pak Polisi yang gue tanya langsung nunjukin arah tempat perpanjang SIM. Masuk lah gue ke gedungnya dan sampe di tempat tsb ada lagi petugas yang menyambut dan memberikan penjelasan langsung tahap-tahap untuk perpanjang SIM.

Pertama… fotokopi KTP dulu, trus bayar asuransi Rp. 20,000.
Kedua… periksa kesehatan mata… basa-basi doang sih ini, trus bayar lagi Rp. 20,000.
Ketiga… ngasih berkas ke loket, bayar Rp. 60,000 dan nunggu sampe dipanggil, karena gue datengnya pagi jadi masih sepi, nunggunya sebentar doang.
Keempat… dipanggil… masuk ruangan… ditanya-tanya identitas sebagai konfirmasi untuk data di SIM dan langsung foto deh.
Kelima… nunggu SIM jadi dan bayar PMI Rp. 1,000.

Keseluruhan tahap dilalui hanya dalam waktu 5 menit… cepet ya.

Rp. 101,000 dan 5 menit, salut deh buat Polda Metro Jaya… ini baru yang namanya melayani dan melindungi.

Comments on: "Perpanjang SIM" (1)

  1. hmmmm… sebenernya biaya yg diwajibkan cuma Rp. 57.000.
    lebih dari segini ya i don’t have to say more ya..hehehe
    gw juga minggu lalu ngurusin perpanjangan sim, beberapa hari sblmnya nykp ngurus juga di Perpanjangan Sim keliling lupa dimana pokonya kawasan jakarta barat..
    Nykp gw dikenakan biaya Rp.100.000 “saja” tapi sangat cepat prosesnya.

    Krn ketika hari sabtu mobil Sim keliling itu gw cari2 ga ada, jd gw ke samsat cengkareng, krn dah siang jd banyak bgt yg ngantri..
    nunggu skitar 1 jam, baru gw dipanggil dan dikenakan biaya Rp.115.000.
    sebelumnya gw dah nanya2 ama orang2 yg dah kelar ngurus sblm gw, biaya untuk sim A varitif ternyata (gak tau juga berdasarkan apa), ada yg dikenakan Rp.150.000, Rp.120.000..macem2 deh.
    buat yang sim C juga ga kalah, ada yg Rp.120.000, Rp.100.000 kalo lg beruntung ada yg Rp.85.000..
    Berdasarkan data2 yg gw kumpulkan tersebut(cailee..), gw yakin biaya2 ini maen patok asal2an. Awalnya gw bilang ama nykp gw kalo gw mo bayar 57rb aja sesuai anjuran pemerintah, tapi nykp gw takut kalo gw bakal dipermalukan atau gimana jd mending nurut aja..
    Jadinya pas si polisi kenakan biaya Rp. 115.000 gw pun tidak melawan, tapi malah pura2 bego, gw bilang : “wah mahal amat ya pak, saya kira cm 50an, saya bawanya cuma 100rb niy” (sambil sok2 nyari duit di dompet)
    polisi pun nyerah dan gw pun bayar Rp. 100.000 saja..
    hehehe…
    Polisi Melayani dan Melindungi?! we definitely can’t find here, maybe somewhere else.. but not in Samsat Cengkareng.

    tambahan : abis selesai ngurus perpanjangan tu polisi malah godain gw, mungkin dia pikir krn gw dikasih “Diskon”, harga diri gw bisa didiskon juga..
    Saya doakan semoga hari berikutnya polisi2 disini insyaf.. Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: