Ada Apa di Jakarta?

Sepak Bola Indonesia

Main Bola

Gue adalah seorang pecinta sepak bola… nonton doang sih gak maen. Setelah Liga Italia merajai era 90-an, sekarang semua mata lebih tertuju kepada Liga Inggris (Premier League)… yang disebut-sebut sebagai liga sepak bola terbaik saat ini. Dan entah kenapa, gue gak pernah ngikutin Liga Sepak Bola di tanah air tercinta ini… mungkin karena terlalu membandingkannya dengan liga-liga di luar sana kali, jadi Liga Indonesia keliatannya gak menarik.

Di Indonesia, gak ada yang gak kenal sepak bola… mulai dari di kota-kota besar sampe di pelosok pedesaan, semua suka bola. Semua anak kecil (cowok) juga rata-rata suka maen bola, baik itu di sekolah maupun di sekitar tempat tinggalnya. Gue inget dulu hampir tiap hari maen bola. Di sekolah maen, sampe rumah sorenya maen lagi ama temen-temen… walopun maennya gak di lapangan bola beneran, lapangan apapun itu kita sikat untuk maen bola.. asalkan kosongšŸ˜‰.

Maenpun gak harus ikuti peraturan federasi sepak bola… PSSI ato FIFA, cukup ngumpul bareng temen-temen, ada lapangan, ada yang punya bola, maen deh. Se-simple itu kan. Di SD dulu, gue maennya di bangsal bukan di lapangan, jumlah pemain pun terserah kita… asalkan imbang jumlahnya, bolanya pun lebih sering pake bola tenis daripada pake bola sepak. Pokoknya yang penting bisa maen bola.

Sekarang baca koran, browsing Internet, nonton TV… yang ada berita tentang kisruhnya kepengurusan PSSI. Mulai dari adanya liga tandingan, kebencian kepada ketum PSSI terakhir, sampe kongres PSSI yang kisruh. Segitu ribetnya ya ngurus sepak bola di Indonesia. Padahal gue yakin, pemain-pemain bola itu maen juga karena rasa cintanya sama olahraga sepak bola, sama kayak anak-anak kecil yang maen bola. Mereka maen karena suka dan hobi… gak lebih. Kemudian emang diteruskan ke jenjang yang lebih serius dan profesional, sehingga bisa dijadikan sebuah profesi. Tapi di lubuk hati terdalam mereka pasti kecintaan untuk maen bola masih sama dengan anak-anak kecil itu.

Jadi, haruskah ribut dan gontok-gontokkan cuma untuk mengurus olah raga yang kita cintai ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: