Ada Apa di Jakarta?

Archive for the ‘Pendidikan’ Category

Selamat ya buat Lily & Charon atas kelahiran bayinya, Specta..

Specta si Lumba-lumba

Specta si Lumba-lumba

Ternyata .. ucapan selamat itu!? bukan ditujukan buat pasangan manusia, melainkan buat pasangan Lumba-lumba, Lily & Charon, Lily yg baru melahirkan bayinya pd hari Kamis, tgl 12 Februari 2009, pk. 07.20 di Gelanggang Samudra Ancol, yang kemudian diberi nama Specta. Specta merupakan cucu pertama di Gelanggang Samudra, sang ibu… Lily juga lahir di Gelanggang Samudra.

Prosesi kelahiran bayi lumba-lumba dari Lily, sang induk jenis lumba-lumba hidung botol, sejak Rabu, 11 Februari 2009. Saat Rabu pagi, siang hingga malam. Lily, sang induk terlihat tidak nafsu makan, salah satu indikasi yang paling mudah diamati manusia menjelang kelahiran lumba-lumba. Esok paginya, pukul 06.00 wib diadakan kontrol dokter untuk membantu prosesi kelahiran, hingga akhirnya Lily, sang induk melahirkan dengan sempurna pada pukul 07.20 wib.

Sampai saat ini (16-02-09) Specta sang bayi lumba-lumba masih didampingi oleh ibunya Lily berenang ria di Fantasea Dolphin (akuarium khusus) agar mudah untuk di monitor perkembangannya.

Pengetahuan tentang biota laut ini juga dikembangkan menjadi materi konservasi bagi siswa-siswa yang tergabung dalam Teens Go Green (Remaja Pemerhati Lingkungan) yang terdiri dari anak-anak sekolah pada saat mereka camping di EduCamp, Gelanggang Samudra, pada hari Sabtu 15 Februari 2009. Tujuannya adalah untuk mendekatkan kembali generasi Indonesia yang cinta terhadap pengetahuan, yang akan dikembangkan oleh Ancol dengan konsep active learning.

Lengkaplah Ancol Taman Impian sekarang, selain sebagai tempat rekreasi, liburan, dan berolahraga, Ancol semakin memantapkan salah satu misinya sebagai tempat konservasi, khususnya di bidang kelautan.

Iklan

Jakarta Tidak Serius Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas

Sekarang sudah tanggal 3 Januari, Senin besok anak sekolah sudah masuk. Apakah mereka sudah harus masuk pk. 06:30 sesuai peraturan daerah? Kesian yah… anak sekolah dikorbankan demi mengatasi kemacetan lalu lintas. Jaman dulu aja waktu gue masih SD, masuk pk. 07:00… pk. 06:15 sudah dijemput sama mobil antar jemput sekolah. Lha kalo sekarang masuknya tambah pagi, mau berangkat jam berapa tuh? Trus di sekolah juga pelajaran pertama pasti gak bisa konsentrasi… masih ngantuk. Yang ada kualitas belajar mengajar akan terganggu.

Pemerintah kok kayaknya gak terlalu peduli sama pendidikan ya? padahal pendidikan adalah investasi serius demi kemajuan bangsa di masa mendatang, kok malah dijadiin kelinci percobaan demi mengatasi masalah yang kita semua tau… masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta sudah sangat kompleks dan butuh solusi yang terpadu… bukannya solusi perintilan seperti pengaturan jam masuk sekolah dan kerja.

Mudah-mudahan pemerintah sadar dan punya ide yang lebih baik untuk mengatasi semua masalah di Jakarta tercinta ini.

Awan Tag