Ada Apa di Jakarta?

Posts tagged ‘Lalu Lintas’

Belok Kiri tidak boleh Langsung

Awal November besok akan ada peraturan lalu-lintas baru… belok kiri gak boleh langsung. Setelah bertahun-tahun pengendara kendaraan bermotor dimanjakan dengan peraturan belok kiri boleh langsung (belkibolang), sekarang mau ada peraturan baru yang sama sekali bertolak belakang dengan denda Rp. 250,000 bagi yang melanggarnya.

Tujuan peraturan ini adalah mementingkan pejalan kaki yang ingin menyebrang. Menurut gue sih peraturan ini bagus karena selama ini pejalan kaki yang mau nyebrang agak-agak bingung, dia harus nunggu lampu merah supaya kendaraan berhenti dan dia bisa nyebrang dengan aman tapi ternyata tetep banyak kendaraan yang lewat… ini dikarenakan ada peraturan belkibolang. Nah gimana caranya mau nyebrang kalo lalu-lintas lagi ramai?

Untuk peraturan baru ini kabarnya akan ada sosialisasi dulu selama 6 bulan, jadi kalo yang kelupaan karena kebiasaan belkibolang untuk 6 bulan ke depan belom kena denda.

Mudah-mudahan peraturan lalu-lintas baru ini bisa menjadikan Jakarta lebih tertib dan nyaman 😉

Jakarta Tidak Serius Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas

Sekarang sudah tanggal 3 Januari, Senin besok anak sekolah sudah masuk. Apakah mereka sudah harus masuk pk. 06:30 sesuai peraturan daerah? Kesian yah… anak sekolah dikorbankan demi mengatasi kemacetan lalu lintas. Jaman dulu aja waktu gue masih SD, masuk pk. 07:00… pk. 06:15 sudah dijemput sama mobil antar jemput sekolah. Lha kalo sekarang masuknya tambah pagi, mau berangkat jam berapa tuh? Trus di sekolah juga pelajaran pertama pasti gak bisa konsentrasi… masih ngantuk. Yang ada kualitas belajar mengajar akan terganggu.

Pemerintah kok kayaknya gak terlalu peduli sama pendidikan ya? padahal pendidikan adalah investasi serius demi kemajuan bangsa di masa mendatang, kok malah dijadiin kelinci percobaan demi mengatasi masalah yang kita semua tau… masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta sudah sangat kompleks dan butuh solusi yang terpadu… bukannya solusi perintilan seperti pengaturan jam masuk sekolah dan kerja.

Mudah-mudahan pemerintah sadar dan punya ide yang lebih baik untuk mengatasi semua masalah di Jakarta tercinta ini.

Awan Tag