Ada Apa di Jakarta?

Posts tagged ‘Polisi’

Perpanjang SIM

Hari Sabtu kmaren pas lagi ngobrol-ngobrol sama temen, obrolan tau-tau nyerempet masalah SIM. Pada saat itu juga sekelibat gue inget kalo gue gak pernah inget tanggal kadaluarsa SIM gue, jadi langsung aja gue ambil SIM di dompet.. dan ternyata.. eng ing eng.. bener aja.. SIM A gue dah kadaluarsa dari bulan Juni.

Akhirnya Senin pagi sebelum brangkat ke kantor gue mampir ke Polsek Jakarta Selatan di Wijaya. Masuk gerbang nanya di posnya tempat untuk perpanjang SIM. 5 tahun lalu sih pas gue melakukan hal serupa, polisinya langsung nawarin ‘bantuan’ untuk ngurusin perpanjang SIM dan dia langsung masang harga Rp. 150,000. Nah kmaren ternyata reaksinya beda, si Pak Polisi yang gue tanya langsung nunjukin arah tempat perpanjang SIM. Masuk lah gue ke gedungnya dan sampe di tempat tsb ada lagi petugas yang menyambut dan memberikan penjelasan langsung tahap-tahap untuk perpanjang SIM.

Pertama… fotokopi KTP dulu, trus bayar asuransi Rp. 20,000.
Kedua… periksa kesehatan mata… basa-basi doang sih ini, trus bayar lagi Rp. 20,000.
Ketiga… ngasih berkas ke loket, bayar Rp. 60,000 dan nunggu sampe dipanggil, karena gue datengnya pagi jadi masih sepi, nunggunya sebentar doang.
Keempat… dipanggil… masuk ruangan… ditanya-tanya identitas sebagai konfirmasi untuk data di SIM dan langsung foto deh.
Kelima… nunggu SIM jadi dan bayar PMI Rp. 1,000.

Keseluruhan tahap dilalui hanya dalam waktu 5 menit… cepet ya.

Rp. 101,000 dan 5 menit, salut deh buat Polda Metro Jaya… ini baru yang namanya melayani dan melindungi.

Awan Tag