Ada Apa di Jakarta?

Archive for the ‘Informasi Jalan’ Category

Jakarta dan Masalah Abadinya

Setiap hari Jakarta macet, khususnya jam berangkat dan pulang kantor. Ditambah lagi hujan yang hampir tiap hari.. makin macet lah jalanan Jakarta.

Banyak banget yang komplen tentang kemacetan Jakarta (salah satunya gue), padahal ya udah dialami tiap hari. Salah siapakah?

Yang tiap hari pulang-pergi naek mobil gak mau ganti naek angkutan umum sebagai alternatif karena ketidaknyamanannya, blom lagi masalah keamanan.

Yang punya angkutan umum juga gak peduli dengan kenyamanan dan keamanan penumpangnya, nyupirnya ugal-ugalan, kendaraannya jorok, tetep ngangkut penumpang walaupun sudah penuh.

Pemerintahnya seperti gak mau tau, cuma berharap pada kesadaran masyarakatnya, baik pemilik angkutan umum maupun pemilik kendaraan pribadi. Mereka berpikir sudah menyediakan fasilitas umum dan regulasi yang jelas, itu yang harus dijalankan dan ditaati… titik.

Pihak keamanan (baca: polisi) juga sama aja, banyakan oknumnya. Banyakan yang cari untung sendiri dibandingkan dengan yang beneran menjaga kemanan dan melindungi masyarakat. Akibatnya ’tilang bawah tangan’ merajalela, apalagi pungli.

Semua seperti lingkaran setan, semua mengandalkan pihak lain untuk melakukan perubahan. Jadi keadaannya akan seperti sekarang terus, jangan berharap ada perubahan… terima aja… hiks.

Belok Kiri tidak boleh Langsung

Awal November besok akan ada peraturan lalu-lintas baru… belok kiri gak boleh langsung. Setelah bertahun-tahun pengendara kendaraan bermotor dimanjakan dengan peraturan belok kiri boleh langsung (belkibolang), sekarang mau ada peraturan baru yang sama sekali bertolak belakang dengan denda Rp. 250,000 bagi yang melanggarnya.

Tujuan peraturan ini adalah mementingkan pejalan kaki yang ingin menyebrang. Menurut gue sih peraturan ini bagus karena selama ini pejalan kaki yang mau nyebrang agak-agak bingung, dia harus nunggu lampu merah supaya kendaraan berhenti dan dia bisa nyebrang dengan aman tapi ternyata tetep banyak kendaraan yang lewat… ini dikarenakan ada peraturan belkibolang. Nah gimana caranya mau nyebrang kalo lalu-lintas lagi ramai?

Untuk peraturan baru ini kabarnya akan ada sosialisasi dulu selama 6 bulan, jadi kalo yang kelupaan karena kebiasaan belkibolang untuk 6 bulan ke depan belom kena denda.

Mudah-mudahan peraturan lalu-lintas baru ini bisa menjadikan Jakarta lebih tertib dan nyaman 😉

Busway Koridor VIII, Lebak Bulus-Harmoni

Tanggal 14 Februari 2009 akhirnya koridor VIII Lb. Bulus-Harmoni yang sudah lama terbengkalai itu mulai beroperasi. Satu lagi alternatif berkendaraan umum bagi masyarakat Jakarta.

Pas hari Senin-nya gue berangkat ke kantor, masih terlihat banyak mobil pribadi menggunakan jalur busway tersebut.. blom steril nih kayaknya, yang mana pasti akan menghambat laju bus TransJakarta.

Baca-baca koran… denger-denger radio, ada pro dan kontra… ya wajar lah, semua proyek baru juga pasti gitu. Pro-nya… busway koridor VIII ini mengakomodir penumpang di sekitar Lb. bulus sampai menuju Harmoni. Kontra-nya… gak laen dan gak bukan… bikin macet… kalo ini yang komplen pasti dari pengemudi kendaraan pribadi… heheheh…

Sempet denger juga kalo koridor ini cuma sampe Daan Mogot, setelah itu harus ganti dengan yg koridor Kali Deres-Harmoni… tau deh bener ato gak.

Gue cuma bisa berharap, mudah-mudahan pembukaan koridor VIII ini akan lebih banyak manfaatnya bagi masyarakat Jakarta daripada mudharatnya. Amin.

Informasi Jalan

Sebelum pulang kantor kayaknya ada aktifitas baru yang harus dijadiin rutinitas buat yang naek mobil nih… ngecek keadaan jalanan di Macet Lagi. Lumayan.. bisa tau jalanan macet ato gak… cukup berguna lah menurut gue. Apalagi yang pake GPRS/ 3G, enak banget tuh.. bisa langsung cari-cari tau keadaan jalan selama dalam perjalanan. Website ini juga dilengkap oleh webcam dari beberapa lokasi di 5 wilayah Jakarta.

Ada juga yang masih dalam tahap development… Info Lalu Lintas… tambahan referensi buat kita nih nantinya. Kalo yang ini nanti akan nyediain info di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Selain itu layanan ini hadir lengkap dengan mobile versionnya dan kita juga bisa dapetin update lewat twitter… usernamenya: infoll.

Jakarta Masih Lengang

Hari Senin pertama setelah liburan lebaran ternyata jalanan Jakarta masih lengang. Dari Tanah Kusir, Permata Hijau, Senayan, Palmerah, masuk tol dalam kota di Slipi (JDC), Grogol, trus keluar di pintu tol Ancol ditempuh hanya dalam 30 menit.. itupun jalannya santai gak digeber.

Kesimpulan… masih banyak yang libur atau cuti. Jadi bagi yang di Jakarta, nikmatilah lengangnya jalanan Jakarta 😉

Jalan Tol Jembatan Tiga kembali Normal

Akhirnya jalan tol Jembatan Tiga/ Pluit sudah kembali normal. Perbaikan yang memakan waktu cukup lama tersebut berakhir beberapa hari yang lalu, tampaknya Jasa Marga menepati janjinya untuk menyelesaikan perbaikan di awal Juli.

Sekarang akses dari arah Tanjung Priok ke Bandara Soekarno-Hatta dan ke Grogol sudah tidak macet lagi dan gue bisa pulang ke rumah tiaphari dengan normal… hehehee…

Jalan Tol Jembatan Tiga/ Pluit

Setelah sekian lama (baca: berbulan-bulan) diterlantarkan, jalan tol di daerah Jembatan Tiga/ Pluit mulai diperbaiki. Perbaikan yang memakan waktu kurang lebih 4 bulan itu membuat area tersebut macet total karena jalur penyempitan jalan semakin diperpanjang. Jalur yang bisa dilewati oleh kendaraan tinggal 1 jalur (2 arah)… bus besar, truk, dan trailer diharuskan keluar tol karena di area tersebut juga dipasang portal.

Kemacetan ini mengganggu kendaraan baik yang ingin melintas menuju Bandara Soekarno Hatta dan Slipi maupun yang ingin menuju Ancol dan Priok. Bagi masyarakat Jakarta yang ingin melewati daerah tersebut disarankan mengambil jalur alternatif (non tol).

Pertanyaan gue, selama beberapa bulan ini kenapa gak ada tindakan apapun dari pemerintah ya? satu-satunya tindakan cuma melakukan penyempitan jalan di daerah krusial tanpa ada pemberitahuan kapan perbaikan akan dimulai.

Awan Tag